Minggu, 29 Juni 2014

Mengenal "Tradisi" "Cia po" "(吃补)"

Ilustrasi_cia_po

Sejak ribuan tahun yang lampau masyarakat tionghoa mempunyai tradisi positif dalam menjaga kesehatan dan "meningkatkan stamina tubuh" sehabis sakit atau melahirkan. Meski kini tradisi tesebut sudah mulai punah khususnya di Indonesia, namun oleh sebagian kecil masyarakat keturunan tionghoa di Indonesia masih ada yang terus tetap melestarikannya secara turun temurun. Tradisi itu yang kemudian di kenal oleh masyarakat Indonesia pada umumnya sebagai "Cia po" "(吃补)"

Secara singkat istilah "Cia po" "(吃补)" di definisikan sebagai proses menjaga dan "memulihkan stamina tubuh" manusia dengan cara mengatur pola makanan. Untuk melaksanakan tradisi "Cia po" "(吃补)" tersebut,  setidaknya kita mengkonsumsi ramuan olahan ayam kampung yang dicampur dengan berbagai macam ramuan herbal China tradisional alami paling tidak dua kali dalam satu bulan.

Dengan mengkonsumsi olahan ayam kampung segar tersebut, resiko seperti "penyakit pegal linu","penyakit encok","penyakit lemah syahwat","penyakit mudah lelah","penyakit vertigo"dapat diminimalisirkan.
"Tradisi" "Cia po" "(吃补)" juga sangat bermanfaat untuk "memulihkan kesehatan""pasca sakit berat."
Mengkonsumsi olahan ayam kampung segar dengan paduan berbagai macam "jenis herbal alami" sudah diteliti dan dibuktikan secara ilmiah di Inggris,


Daging ayam kampung yang kaya serat dan protein terbukti dapat "meningkatkan daya ingat", meregenerasikan sel-sel tubuh yang telah rusak dan membersihkan tubuh dari sisa-sisa zat berbahaya karsinogenik penyebab kanker.

Sejarah dan ilmu pengetahuan telah mencatat dan membuktikan khasiat yang luar biasa dari manfaat olahan ayam kampung yang sedemikian fenomenal. Penelitian secara serius akan khasiat daging ayam kampung tersebut berawal dari sebuah bisnis saripati ayam yang bernilai milyaran dollar.

Anda pasti pernah mendengar atau bahkan mengkonsumsi saripati ayam / chicken essence bermerk "Brands"
Jika anda mengira suplemen "Brands Chicken Essence" itu buatan China maka anda salah

"Brands Chicken Essence" adalah suplemen kesehatan yang berasal dari Inggris. Penelitian dan teknologi pengolahannya telah di uji secara ketat dan di patentkan.
Kalau begitu apa hubungannya dengan "tradisi" "Cia po" "(吃补)" masyarakat keturunan Tionghoa?

"Chicken essence" atau "sari pati ayam" atau "(雞精)" ji jing atau "kwe ceng" atau "ke ek" dalam "dialek Hokkien"adalah salah satu menu andalan dalam tradisi "tradisi" "Cia po" "(吃补)"

Kisah keajaiban "Chicken essence" atau "sari pati ayam" atau "(雞精)" ji jing atau "kwe ceng" atau "ke ek" dalam "dialek Hokkien" ini berawal pada masa pendudukan kolonial Inggris di hongkong, pada masa pemerintahan raja George ke IV di tahun 1835.

Ketika itu salah seorang koki istana kerajaan Inggris bernama Henderson William Brands sedang bertugas di Hongkong. Saat itu anak HW Brands terserang penyakit sehingga rewel sepanjang hari. Dokter-dokter eropa terbaik yang berada di Hongkong sudah di undang untuk mengobati namun perkembangannya tak terlalu baik.

Saat itu di rumah dinasnya yang megah, bekerja beberapa pembantu warga China. Sudah merupakan tradisi bagi warga China di masa itu mayoritas mereka menguasai sedikit dasar-dasar "pengobatan tradisiona China" dan "tradisi" "Cia po" "(吃补)" Seorang pembantunya ber inisiatif memasak olahan ayam kampung yang di campur dengan berbagai jenis macam "ramuan herbal China"

HW Brands keheranan saat menyaksikan pembantunya begitu sibuk dan kerepotan hanya untuk menyajikan semangkuk kecil sup ayam. Sebagai seorang koki kerajaan HW Brands menilai cara memasak pembantunya sama sekali tidak praktis dan membuang waktu dan tenaga saja. Hanya untuk menyediakan semangkuk sup ayam yang hanya kira-kira berisi sebanyak 200 ml kuah sup ayam, pembantunya menghabiskan waktu hampir dua belas jam dan menggunakan begitu banyak kuali, piring, dan mangkok-mangkok porselen. Barang-barang pecah belah tersebut disusun sedemikian rupa hanya untuk memasak seekor ayam kampung betina yang masih muda.

Namun keajaiban terjadi. Dalam waktu singkat anak HW Brands sembuh total tanpa mengkonsumsi obat!
Karena penasaran HW Brands kemudian menyuruh pembantunya untuk menyajikan sekali lagi sup ajaib tersebut dan di saat bersamaan HW Brands pun ikut membuat sup ayam dengan caranya sendiri.

Sebagai seorang koki istana yang sangat berpengalaman HW Brands mempunyai lidah yang sangat tajam dalam menilai suatu masakan.Dan ternyata cita rasa dari cara pengolahan seekor ayam tersebut memang berbeda.

Beberapa tahun kemudian setelah kembalinya HW Brands dari Hongkong, di Istana, yang mulia raja George ke IV terserang penyakit akibat pola makan dan cara hidupnya yang tidak teratur.Teringat akan pengalamannya di Hongkong, HW Brands kemudian menyajikan semangkuk sup ayam ajaibnya. Dan benar saja sang raja dengan cepat kembali pulih kesehatannya.Semenjak saat itu hasil olahan sup ayam HW Brands menjadi favorit di kalangan istana dan bangsawan Inggris

Selepas masa dinasnya menjadi koki di istana Buckingham, HW Brands kemudian mendirikan perusahaan "Brands Chicken Essence"Dengan riset dan penelitian yang sangat serius, HW Brands menyempurnakan lalu ia mempatentkan tehnik dan teknologi pengolahan ayam kampung menjadi sari pati ayam dengan nama dagang resmi Brands Chicken Essence.

Secara luar biasa, kunci rahasia dari pengolahan ayam kampung tersebut terletak dari cara penyusunan mangkok-mangkok dan piring-piring tersebut di dalam kuali.Daging ayam kampung tersebut dimasak dalam kondisi vakum dan bertekanan tinggi tanpa bersentuhan langsung dengan air rebusannya. Tekhnologi Kuno yang sudah berusia ribuan tahun itulah yang kemudian di sempurnakan dan dipatenkan sebagai salah satu keunggulan produk "Brands Chicken Essence"

Hingga kini "Brands Chicken Essence" sudah memproduksi milyaran botol dan menjelma menjadi sebuah perusahaan makanan kesehatan raksasa.Namun entah kenapa dalam perkembangannya justru "Brands Chicken Essence" justru lebih dikenal di kawasan asia tenggara seperti di Indonesia, Thailand, Singapura dan Malaysia sehingga banyak orang yang mengira "Brands Chicken Essence" adalah buatan China. Padahal "Brands Chicken Essence adalah buatan Inggris.

"Chicken essence" atau "sari pati ayam" atau "(雞精)" ji jing atau "kwe ceng" atau "ke ek" dalam "dialek Hokkien" Sangat efektif khasiatnya dalam memulihkan stamina tubuh.

Jika anda sangat lelah dan seluruh tubuh terasa pegal linu, cobalah minum satu sloki "Chicken essence" atau "sari pati ayam" atau "(雞精)" ji jing atau "kwe ceng" atau "ke ek" dalam "dialek Hokkien" bersama satu sendok makan madu dan segelas susu sapi hangat. Minum di malam hari sebelum tidur niscaya keesokan harinya tubuh anda akan terasa sangat fit.

Namun bagi yang sudah berumur atau mengalami gangguan tekanan darah tinggi harap anda cek dulu tekanan darah anda sebelum mengkonsumsinya.

Hal ini dikarenakan  "Chicken essence" atau "sari pati ayam" atau "(雞精)" ji jing atau "kwe ceng" atau "ke ek" dalam "dialek Hokkien" mengandung hawa Yang (Hawa positif) yang sangat kuat.

Atau bagi anda yang khawatir dan punya masalah dengan tekanan darah tinggi bisa mengkonsumsi "藥材雞湯"(Yàocái jītāng) atau "tim ayam obat herbal China" herbal yang lebih bersifat netral.

Prinsip hidup yang sehat bagi warga keturunan tionghoa adalah menjaga keseimbangan unsur-unsur makanannya. Namun kini tanpa kita sadari justru makanan yang kita makan sehari-hari sebagian besar sudah tidak sehat lagi. Terlalu banyak salah satu unsur yang dominan sehingga membuat makanan tersebut menjadi kurang baik bagi metabolisme tubuh kita dan masyarakat pada umumnya terlalu berkompromi dengan makanan yang kurang baik tersebut dengan mengatas namakan cita rasa dan kelezatan.

Bagi sebagian orang menu-menu cia po dianggap terlalu membosankan sehingga lambat laun "tradisi" "Cia po" "(吃补)" menjadi semakin di tinggalkan. Namun di tangan orang yang ahli di bidang kuliner tradisional China, menu "tradisi" "Cia po" "(吃补)" bisa di nikmati sama nikmatnya dengan menu makanan reguler lainnya.

Berikut ini adalah menu utama yang wajib dalam"Tradisi" "Cia po" "(吃补)" 

"港蒸游水顺殻鱼" Tim ikan malas ala hongkong

Tim_ikan

"雞精" ji jing saripati ayam
Sari_pati_ayam

"藥材雞湯"(Yàocái jītāng) atau "tim ayam obat herbal China"

Ayam Herbal  China

"麻油雞" "Máyóu jī  atau lebih dikenal dengan "Ayam arak".

Ayam Arak

"生化湯" "Shēng huà tāng"  atau "Tim ayam obat ibu hamil"

Ayam obat ibu hamil
白切雞 Pek Cham Kee

Ayam jahe Pek Cam Kee

Seni kuliner China sendiri memiliki kaitan yang tidak bisa dipisahkan dengan metode seni pengobatan tradisional China. Keduanya mempunyai sejarah panjang yang sudah terbukti sepanjang ribuan tahun. Meskipun demikian, tidak ada pemisahan yang tegas antara seni kuliner di dapur & terapi kuliner di klinik. Keduanya sama hebatnya. Hal tersebut dikarenakan seni kuliner tradisional china sendiri termasuk sebagai salah satu dasar yang paling penting dalam metode pengobatan tradisional china.Untuk Rekan-rekan yang berminat untuk memesan "Katering untuk kesehatan"silahkan hubungi saya Ayung di : 081514713570

Salah satu dalil yang paling terkenal dalam metode pengobatan tradisional china menyatakan bahwa, "Jika terjadi suatu penyakit, hal yang pertama kali dilakukan adalah menyeimbangkan makanan si pasien sesuai kondisinya, dan hanya jika kondisi masih belum membaik, baru dipergunakanlah bahan obat-obatan herbal yang alami untuk mengatasinya.

Pernyataan diatas mengandung dua hal yaitu:"Penyajian makanan yang tepat adalah solusi terbaik dalam mengobati suatu penyakit."Makanan selalu menjadi media yang terbaik dalam mendistribusikan zat-zat bermanfaat yang terkandung di bahan-bahan herbal alami, untuk diserap kedalam sistem pertahanan tubuh secara alami." Hal ini disebabkan karena, secara alami tubuh manusia mempunyai sistem kekebalan tubuh yang alami dalam menghadapi suatu serangan penyakit. Dan hanya lewat makanan yang tepatlah, segala siklus penyembuhan secara alami bisa bekerja dan berkhasiat dengan seefektif dan seefisien mungkin dan meminimalisir sekecil-kecilnya efek samping yang terjadi selama proses penyembuhan tersebut.

Di dalam pengobatan tradisional china menganut metode yin dan yang dalam mengamati suatu ke tidak beresan dalam tubuh manusia. Dimana dalam kondisi tubuh yang prima unsur yin dan yang di pastikan dalam kondisi 100% seimbang. Jika dalam kondisi tubuh yang 100% seimbang seharusnya tubuh berfungsi secara normal misalnya dalam bereproduksi atau mendapatkan keturunan, ketajaman pikiran dan nalar, dan fungsi-2x umum organ-organ tubuh bekerja sebagaimana mestinya

Namun sangat di sayangkan"Tradisi" "Cia po" "(吃补)"  di Indonesia semakin lama semakin di tinggalkan dengan alasan kepraktisan dan minimnya informasi yang di dapat.padahal kesehatan tubuh adalah aset yang sangat berharga sekaligus sangat mahal biayanya jika sampai terserang suatu penyakit.

Sementara itu di Singapura Taiwan & China sendiri"Tradisi" "Cia po" "(吃补)" menjadi sebuah lahan bisnis yang menggiurkan dan menjelma menjadi industri "Katering kesehatan" atau confinement food

Menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh sejak awal, banyak wanita muda yang habis melahirkan atau orang yang baru sembuh dari penyakit atau orang-orang yang memang sangat peduli dengan kesehatannya menggunakan jasa "Katering Cia Po"

Bagi para pria menu olahan ayam kampung dengan herbal ber aliran "Yang" atau positif banyak di gunakan dalam"Cara mendongkrak gairah"  "Cara mengatasi kelemahan syahwat""Cara meningkatkan stamina""Obat alami pegal linu""Obat tidur alami""Obat kuat"

Bagi para wanita mengkonsumsi olahan ayam kampung dimanfaatkan sebagai "Cara mengatasi masalah siklus haid" "Cara menyuburkan kandungan" "Cara memperlambat proses menopause""Cara agar cepat hamil" "Cara agar awet muda"

Hal ini sudah dibuktikan ribuan tahun lamanya oleh para puteri-puter kerajaan China yang bisa tetap berpenampilan awet muda dan mempertahankan kecantikannya meskipun sudah berusia cukup lanjut

Bagi anak-anak, dengan mengkonsumsi olahan ayam kampung dimanfaatkan sebagai "Cara meningkatkan daya tahan tubuh" "Cara mencerdasan otak" sehingga proses tumbuh kembangnya menjadi sedemikian mengaggumkan seperti yang terjadi di negara Singapura & Taiwan

Bagi para manula olahan ayam kampung digunakan sebagai "Cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh"
"Cara mempertahankan siklus metabolisme""Cara meregenerasikan sel-sel tubuh" yang telah mati.
"Cara menetralisir zat karsogenik""Cara mencegah kepikunan"

Hal tersebut bisa di lihat dari banyaknya manula yang masih sehat di negara seperti China Singapura dan Taiwan.

Dengan kondisi tuntutan kesibukn namun tetap harus memperhatikan kesehatan tubuhnya, banyak wanita modern di negara Singapura Taiwan dan China yang baru melahirkan,menggunakan jasa "Katering ibu hamil"di karenakan keterbatasan waktu atau kesulitan mendatangkan ibu atau ibu mertuanya dalam menjaganya selama masa pemulihan atau masa "Guek lai"

Untuk Rekan-rekan yang berminat untuk memesan
"Katering ibu hamil"
"Katering Cia Po"
"Katering untuk kesehatan"
silahkan hubungi saya Ayung di : 081514713570

Layanan spesial yang anda dapatkan adalah :
Pesanan langsung akan diantar ke rumah anda dalam keadaan Fresh hangat sesaat setelah selesai di masak
Saya menggunakan ayam kampung asli yang langsung di potong ( rasanya di jamin berbeda )

Kapan-kapan saya akan tulis artikel tentang perbedaan ayam kampung yang biasa dan yang khusus untuk bahan Tim Ayam obat saya ini
Bahan Herbal yang di gunakan di jamin bermutu tinggi dan tanpa MSG

5 komentar:

  1. lokasi dimana untuk Katering Cia Po Ayung ini??

    BalasHapus
  2. Kl ada yg mau pesan bisa lgsg hub:081514713570/wa trmksh atas kunjungan anda di web kami

    BalasHapus
  3. Ciapo utk pasien pasca bypass apakah aman? Ciapo utk ibu stlh melahirkan dgn pasca bypass apakan sama ciapo nya?

    BalasHapus
  4. Agen BOLAVITA kini sedang mengadakan banyak Promo Bonus untuk permainan Sabung Ayam.

    Berikut BONUS yang akan diberikan oleh Agen BOLAVITA:
    • Bonus 10% untuk NEW MEMBER
    • Bonus 5% untuk Setiap Harinya
    • Bonus Cashback 5% - 10%
    • Bonus Referral 7% + 2%
    • Bonus Flash Deposit untuk setiap hari jumat, new member dapat akumulasi dengan bonus NEW MEMBER

    Cukup banyak dan menguntungkan bukan?

    Agen BOLAVITA merupakan Agen Judi Terbesar di Indonesia, yang berani membayar kemenangan Anda. Berapapun kemenangan Anda pasti akan dibayar langsung!!!

    Minimal Deposit hanya Rp 50.000 saja, dengan 50.000 saja sudah bisa menangkan sampai ratusan juta Rupiah!!

    Tunggu apalagi? Daftar sekarang juga di www.bolavita.vip

    Baca juga = Cara Daftar Sabung Ayam di BOLAVITA

    Untuk info selanjutnya, bisa hubungi kami VIA:
    BBM : BOLAVITA / D8C363CA
    Whatsapp : +62812-2222-995
    Livechat 24 Jam

    BalasHapus